Senin, 15 Juni 2009

ADBO - myResto

INTRODUCTION

Tujuan penulisan dokumen ini adalah untuk menggambarkan sebuah sistem pada suatu restoran, di mana sistem tersebut terbagi menjadi 2 bagian, yaitu sistem transaksi dan sistem stock. System transaksi merupakan system yang melayani jual beli. Sedangkan system stock merupakan system yang menangani ketersediaan stock di gudang.

Dalam dokumen ini terdapat analisis untuk masing-masing step, antara lain : use case, kelas analisis, CRC Card, Class Diagram, State Chart, Collaboration Diagram, Interaction Diagram, Component Diagram, Deployment Diagram, VOPC, dan ,Package Diagram.


REQUIREMENTS

System yang bekerja pada restoran yang dipakai pada tugas ini merupakan system dalam bentuk database yang dapat diakses oleh bagian-bagian tertentu, dan masing-masing bagian tidak dapat mencampuri bagian yang lain. System restoran yang kami buat terbagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian stock dan transaksi.

Bagian transaksi menangani transaksi pembayaran yang dilakukan dengan pelanggan, bagian ini dijalankan oleh karyawan yang bertugas sebagai kasir pada saat itu. Karyawan yang dapat mengoperasikan bagian ini harus tercatat di dalam database karyawan sebagai kasir. Bagian ini mencatat jenis pesanan, jumlah pesanan, tanggal transaksi, total transaksi dan karyawan yang bertugas.

Bagian stock merupakan bagian system yang mengatur data stock atau gudang. Bagian ini ditangani langsung oleh koki. Sama seperti pada bagian transaksi, bagian stock hanya bisa diakses oleh karyawan yang tercatat sebagai koki di database. Bagian ini mencatat jumlah masing-masing barang yang ada, setiap pemesanan barang yang terjadi, tanggal terjadinya pemesanan, pegawai yang melakukan pemesanan, dan jumlah barang pesanan

Untuk menjalankan aplikasi, baik kasir maupun koki diharuskan login terlebih dahulu.

Bahan yang dicari koki harus sudah ada di daftar database, jika belum hanya admin yang dapat memasukkan data tersebut. Koki tidak berhak menambah daftar jenis bahan.

Segala bentuk perubahan, baik penambahan, pengurangan, update data, hanya bisa dilakukan pada jam kerja.


ANALISIS

Use Case
Use Case Restaurant

DEFINISI AKTOR

Terdapat empat aktor yang berperan dalam system ini.

Customer : Orang yang membeli makanan atau minuman di restoran tersebut.

Kasir : Staf atau karyawan yang bekerja di restoran tersebut yang bertugas mengurusi pembayaran oleh customer.

Koki : Staf atau karyawan di restoran tersebut yang bertugas untuk membuat masakan dan minuman yang dipesan oleh customer.

Sistem Pembelian : Sistem yang mengurusi pembelian barang-barang kebutuhan restoran terutama yang berhubungan dengan stok gudang.

Use Case Definition and Specification

USE CASE INPUT DAFTAR PESANAN

Digunakan untuk memasukkan nama makanan/minuman beserta jumlah yang dipesan oleh pelanggan. Tampilan awalnya berupa daftar menu yang ada di restoran, masing-masing disertai kolom jumlah. Kasir melakukan pengisian pada form tersebut.



USE CASE TOTAL HARGA

Digunakan untuk menjumlah total harga yang harus dibayar oleh pelanggan. Harga menu diambil dari database, dan telah ditentukan sebelumnya. Form yang digunaken merupakan form yang sama dengan form untuk use case daftar pesanan, tetapi telah berisi data pesanan. Tampilan akhirnya, system akan menampilkan harga total yang harus dibayarkan.

USE CASE TRANSAKSI

Digunakan untuk user memasukkan ke database transaksi apa saja transaksi yang dilakukan. System akan menyimpan ke dalam data base dan secara otomatis mencatat tanggalnya.



USE CASE INFORMASI KETERSEDIAAN BARANG

Digunakan untuk memudahkan koki dalam mengecek data barang yang ada di gudang. Koki dapat memasukkan nama bahan yang dicari dan system akan menampilkan jumlah ketersediaan barang tersebut saat ini. Jika barang yang dicari habis, system akan menawarkan apakah ingin memesan atau tidak.


USE CASE PEMESANAN BARANG

Digunakan untuk melakukan pemesanan barang ketika barang di gudang telah habis. Koki akan memasukkan idnya dan jumlah barang serta nama barang yang akan dipesan.


Supplementary

  • Kasir dan koki harus login terlebih dahulu

  • Bahan yang dicari koki harus sudah terlebih dahulu dimasukkan ke database stock oleh administrator.

  • Koki tidak berhak menambah jenis bahan dan suplier.(dilakukan oleh system pembelian)

  • Segala bentuk pengubahan data pada database, baik pengurangan,penambahan, update dan lainnya hanya dapat dilakukan pada jam kerja.

Glossary

Kasir

Staff yang bekerja pada bagian depan, bertugas untuk menangani transaksi dengan customer

Daftar pesanan

List nama makanan dan minuman yang disediakan restoran, beserta harga satuan dan kolom jumlah

Cash

Pembayaran secara kontan dengan uang tunai

Koki

Aktor yang dapat mengakses system stock barang, merupakan karyawan yang bertugas di dapur

Stock

Persediaan bahan masakan

System Pembelian

Merupakan actor yang menangani pembelian stock bahan

KELAS ANALISIS

Input Daftar Pesanan


Total Harga

Transaksi

Informasi Ketersediaan Barang

Pemesanan Barang

DESIGN

CRC CARDS

Boundary

Class InputOrder

Collaborates

Response

DetectOrder

Memasukkan Jenis pesanan

Memasukkan Jumlah pesanan

Memasukkan tanggal terjadi pesanan


Class InputHarga

Collaborates

Response

DataOrder

TotalCost

Memasukkan Harga sesuai pesanan


Class RecordTransaction

Collaborates

Response

DataOrder

BillTotalCost

Record

Memasukkan Pesanan

Memasukkan Harga Pemesanan

Memasukkan Penanggungjawab Pesanan


Class StockInformation

Collaborates

Response

SearchStock

Memasukkan Jenis Barang

Menampilkan Jumlah Barang



Class OrderStock

Collaborates

Response

Order

Memasukkan Jenis Barang yang di Order

Memasukkan Jumlah Barang yang di Order


Control

Class DetectOrder

Collaborates

Response

InputOrder

DataOrder

Mendapat masukan jenis, jumlah, tanggal pesanan.

Mencatat jenis, jumlah, tanggal pesanan


Class TotalCost

Collaborates

Response

InputHarga

BillTotalCost

Mendapat masukkan pesanan dan harga.

Menghitung total biaya.

Mencatat total harga.


Class Transaction

Collaborates

Response

RecordTransaction

Record

Mendapat masukan transaksi

Mencatat transaksi


Class SearchStock

Collaborates

Response

StockInformation

Stock

Mendapat masukkan jenis barang dicari.

Mencari jenis barang.


Class Order

Collaborates

Response

OrderStock

OrderTransaction

Mendapat masukkan jumlah dan jenis barang diorder

Mencatat order.

Entity

Class DataOrder

Collaborates

Response

DetectOrder

Menyimpan pesanan, baik jenis jumlah dan tanggal terjadi pesanan


Class BillTotalCost

Collaborates

Response

TotalCost

Menyimpan total harga pesanan

Membuat catatan tentang harga yang harus dibayar


Class Record

Collaborates

Response

RecordTransaction

Menyimpan masukan dari DataOrder dan BillTotalCost

Menyimpan penanggungjawab pesanan


Class Stock

Collaborates

Response

System Pembelian

Menyimpan data data tentang stock barang


Class OrderTransaction

Collaborates

Response

Order

Menyimpan catatan tentang order stock yang ingin dilakukan

CLASS DIAGRAM

Class Diagram untuk Transaksi

Class Diagram untuk Stock


STATE CHART

State Chart untuk Transaksi

()

State Chart untuk Stock

()


COLLABORATION DIAGRAM

Input Daftar Pesanan

()

Total Harga

()

Transaksi

()

Ketersediaan Barang

()

Pemesanan Barang

()


INTERACTION DIAGRAM

Input Daftar Pesanan

()

Total Harga

()

Transaksi

()

Ketersediaan Barang

()

Pemesanan Barang

()


COMPONENT DIAGRAM

Component Diagram untuk Transaksi

Component Diagram untul Stok


DEPLOYMENT DIAGRAM

Download Aplikasi

spesifikasi : Bahasa Pemrograman C#

database : Microsoft Access 2007